Belanja Cerdas

Saatnya Belanja Cerdas

 Saatnya belanja cerdas merupakan sebuah ungkapan yang mengandung unsur semangat. Juga dapat dikategorikan sebagai ungkapan yang mengajak kita belanja lebih kritis dan cermat. Kritis dan cermat disini adalah misalnya dalam memilih barang yang akan kita beli harus sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai ibu rumah tangga belanja ceras merupakan cara yang selalu harus diterapkan dalam keseharian. Supaya menjadi sebuah rutinitas keseharian yang akan lebih disayangi oleh suami. Artikel ini akan mengajak anda memahami cara/ tips untuk mengetahui belanja yang ceras itu seperti apa. Sebab itu merupakan hal yang sederhana, akan tetapi membutuhkan sikap yang sangat serius dalam mewujudkannya.

 

Sebagai ibu yang cerdas, mulailah anda berfikir matematis dalam mengelola uang rumah tangga anda. Cara berfikir matematis itu merupakan langkap yang sistematis untuk menciptakan sebuah keselarasan antara pengeluaran dan pendapatan rumah tangga anda. Sebagai ibu yang ceras rumus matematis yang seperti apa, merupaka persoalan yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Cara-cara yang seperti itu merupakan motode yang sesuai diterapkan pada saatnya belanja cerdas  yang harus dimiliki oleh ibu-ibu yang cerdas. Pasalnya tidak semua, persoalan ini menjadi perhatian utama. Biasanya mana barang yang kita sukai, kita beli. Tanpa memperhatikan faktor-faktor yang penting, terutama dalam hal keuangan rumah tangga. Misalkan anda belum tahu, cara pertama ini akan sangat menguntungkan bagi anda.

Selanjutnya, pilahlah barang-barang yang anda anggap perlu, penting dan pokok. Dibandingkan dengan barang-barang yang kurang penting untuk dikonsumsi. Karena uang yang anda gunakan untuk membeli barang yang kurang penting itu dapat anda manfaatkan untuk ditabung atau digunakan untuk membeli barang yang penting di lain waktu atau ditabung sementara. Ibu memang harus dituntu untuk lebih hati-hati dalam mengelola keuangan rumah tangga. Biasanya barang yang penting adalah yang harus diutamakan. Agar keuangan rumah tangga anda tidak kacau, maka nafsu untuk memiliki barang-barang yang lain harus disingkirkan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dikategorikan kepada kata-kata “Saatnya Belanja Cerdas” yang harus dilakukan oleh para perempuan. Sebagai contoh adalah, ketika kita hanya sekedar jalan-jalan ke pasar. Anda menemukan beberapa baju yang menurut anda bagus. Padahal baju anda dirumah sudah sangat cukup anda gunakan untuk dipakai dalam keseharian. Maka dari kejadian itu, anda harus lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi kejadian itu. Anda harusnya langsung berfikir untuk sadar bahwa membeli baju yang kita jumpai itu harus dialihkan lain waktu. Uang yang ada mungkin dapat kita alihkan untuk membeli barang sehari-hari yang lebih penting. Maka itulah sejati-sejatinya seorang perempuan (ibu) yang di idam-idamkan oleh para lelaki (bapak). Maka belajarlah menjadi wanita yang pandai dalam urusan itu.

Saatnya belanja cerdas dapat juga kita lakukan dengan sikap yang lebih arif dan bijaksana. Ketika memang kebutuhan ekonomi rumah tangga ada sisa lebih maka, kita harus berfikir mencari barang yang memiliki nilai yang paling penting terlebih dahulu. Karena barang-barang yang ingin kita beli tentu memiliki nilai yang berbeda. Ketika kita sudah memiliki barang itu banyak dirumah, maka nilainya akan berkurang dengan barang sederhana yang kita belum memilikinya dirumah. Sebagai wanita kita harus tahu itu. Sekali lagi belajarlah menjadi wanita yang cerdas dalam hal membelanjakan uang atau memilih barang keperluan rumah tangga yang akan kita beli. Demikian informasi mengenai saatnya belanja cerdas, semoga bisa membantu para wanita terutama untuk menggunakan uang belanja dengan secerdas dan sebijak mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *